Hasil Partai Final Piala AFF-U22: Thailand U-22 vs Indonesia U-22: Skor 2-1

Bolakita.id - Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand U-22 di partai final di National Stadium Cambodia dengan Skor 2-1, Selasa malam (26/02). Atas hasil terseut Indonesia berhak menjadi juara Piala AFF U-22 2019.

Pertandingan di partai Final tersebut berlangsung dengan sangat seru, terutama di babak kedua. Baik Indonesia maupun Thailand saling bertukar serangan mengingat keduanya bermain imbang 0-0 di babak pertama.


Timnas Indonesia U-22 mampu tampil lebih tajam dan menciptakan lebih banyak peluang dibanding Timnas Thailand U-22. Dua di antara sekian banyak peluang Indonesia bisa dimaksimalkan oleh Sani Riski dan Osvaldo Haay menjadi gol, sementara gol Thailand dicetak oleh Saringkan Primsupa.

Jalannya Babak Pertama

Indonesia mengambil inisiatif menyerang lebih dulu pada babak pertama. Mereka bermain dengan bola cepat dari kaki ke kaki dan kemudian berakhir di sisi sayap, khususnya di sebelah kanan yang ditempati oleh Witan Sulaeman.

Hasilnya dua peluang berhasil diciptakan oleh Witan dalam waktu lima menit sejak laga dimulai. Yang pertama pada menit ketiga, dia menembus sisi kiri pertahanan lawan sebelum akhirnya memberikan umpan tarik. Namun sayang bola tembakan Marinus masih bisa ditepis bek Thailand.

Dua menit kemudian, Witan kembali sukses menerobos sisi kiri pertahanan Thailand. Kali ini dia memberikan umpan crossing matang ke tengah kotak penalti. Marinus tiba di kotak penalti namun terlambat sepersekian detik untuk menyodor bola. Tapi setelah itu di tiang jauh datanglah Osvaldo, yang kemudian menendang bola ke pojok kanan bawah gawang Thailand. Kembali sayang bola masih bisa ditepis keluar kiper Thailand.

Setelah dua peluang itu arah permainan berubah. Thailand mampu menguasai permainan dan mulai menekan pertahanan Indonesia. Tim Indonesia Muda bahkan beruntung tidak diganjar penalti saat ada satu pemain yang menghalau tendangan pemain lawan dengan tangannya pada menit ke-18.

Setelah itu Thailand terus menekan pertahanan Indonesia, khususnya melalui sisi kanan pertahahan Indonesia. Namun dalam beberapa saat, skuat Garuda bisa melepaskan diri dari Pressure Thailand. Dan pada menit ke-34, Witan mendapatkan peluang emas setelah umpan terobosan mengatrah ke dalam kotak penalti. Tapi tendangan kaki kirinya masih terlalu lemah dan bola bisa diamankan kiper Thailand dengan mudah.

Setelah itu, Pertandingan kembali berjalan dengan alot. Hingga babak pertama berakhir dan tidak ada satu gol pun tercipta.

Jalannya Babak Kedua

Timnas Indonesia bermain lebih baik dan seimbang di babak kedua. Beberapa serangan bisa ditata dengan baik oleh tim asuhan Indra Sjafri.

Namun sayangnya, Indonesia malah kebobolan lebih dahulu pada menit ke-57. Gawang Awan Setho dirobek Saringkan Primsupa melalui tandukannya yang memanfaatkan umpan silang tendangan bebas.

2 menit berselang, Timnas Indonesia U-22 langsung membalas melalui Sani Riski pada menit ke-59. Dia menjebol gawang Thailand, setelah bola hasil tendangannya dibelokkan oleh Bek Thailand Ballini dan berbelok arah.

Tempo pertandingan makin meningkat, anatar dedua tim menjadi semakin ngotot dalam menyerang. Indonesia akhirnya bisa mencetak gol keunggulan pada menit ke-64 melalui Osvaldo Haay mencatatkan dengan tandukannya yang memanfaatkan tendangan bebas Luthfi.

Tertinggal, Thailand bermain makin agresif. Hasilnya, jalannya pertandingan menjadi lebih keras dan beberapa kali gesekan antar pemain terjadi.

Namun para pemain Indonesia bisa bertahan dengan solid dan justru peluang emas malah didapat Timnas Indonesia U-22 pada menit ke-88. Osvaldo berhasil menembus perangkap offside lawan untuk setelah menerima umpan terobosan lambung dari Rivaldo. Sayangnya bola tendangannya masih bisa ditepis kiper Thailand.

Thailand semakin gencar melakukan serangan. Indonesia pun makin bertahan demi mengamankan skor. Namun perjuangan Indonesia dalam mengamankan keunggulan menjadi semakin berat setelah Bagas Adi dikartu merah langsung pada menit ke 89 akibat melancarkan tekling yang berbahaya.

Unggul jumlah pemain, Thailand makin gencar memborbardir pertahanan Indonesia. Namun hingga waktu lima menit tambahan berakhir, mereka tetap tidak bisa mencetak gol balasan. Skuat Timnas Indonesia U-22 pun menang dengan skor 2-1

Susunan Pemain kedua Timnas U-22

Thailand U-22 (3-5-2): Nareechan (Kiper); Promsupa, Saengdao; Ballini, Nontharat, Tanpisit, Intanee, Sakunchai, Kesi; Wongorn, Kowngam.

Cadangan: Kongkot, Krause, Pranithi, Phensawat, Sansanit, Tasa, Samakorn, Mooktarakosa, Inthanaka, Janchaichit, Suttisak

Indonesia U-22 (4-3-3): Awan Setho (Kiper); Asnawi, Nur HIdayat, Bagas Adi, Firza; Sani, Luthfi, Zola; Osvaldo, Witan, Marinus,

Cadangan: M. Riyandi, Satria Tama, Andy Setyo, M. Rafi, Rachmat Irianto, Dimas Drajat, Fredyan Wahyu, Samuel Christianson, Billy Keraf, Kadek Agung, Hanif Sjahbandi, Todd Rivaldo

0 Response to "Hasil Partai Final Piala AFF-U22: Thailand U-22 vs Indonesia U-22: Skor 2-1"

Post a Comment